Sunday, November 04, 2007

Inspiring my vision….(1):

Semangat yang Akan Ku Pegang Teguh



Begitu banyak hal-hal besar yang ingin kucapai dalam hidup ini. Motivasi ini tumbuh seiring berjalannya waktu perkuliahan yang telah kulewati bersama orang-orang yang hebat yang ada disekitar aku. Termasuk diantaranya adalah para professor yang menjadi salah satu sumber ilmu kami. Berbagai ilmu kami dapatkan. Diskusi pun turut mewarnai pengembangan ilmu yang kami dapatkan.



Sepertinya agak aneh bagiku jika setiap insan yang hadir dalam kegiatan perkuliahan tidak tergugah hati nuraninya untuk melakukan perubahan. Hakikat dihadirkannya program ini sepertinya sudah mulai menjangkiti kami semua. Setidaknya menjangkiti setiap inchi otak dan hati nuraniku.



Pusing tetapi sekaligus menyenangkan. Kurasa itu adalah kata-kata yang tepat untuk mewakilkan apa yang kurasakan saat ini. Karena hasrat intelektual yang selama ini tersumbat telah mendapatkan haknya serta tergugahnya hati nurani yang telah terpendam oleh rutinitas kehidupan.



Bagaimana tidak! Jika setiap harinya kami selalu dijejali oleh rumit dan kompleksnya permasalahan negeri ini dan “ditantang” untuk melakukan tindakan-tindakan “out of box” untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui teori-teori “maut” yang dihidangkan para professor kepada kami.



Rasanya ada perasaan bersalah yang akan menghantui diri ini seumur hidup jika aku tidak bergerak dan melakukan perubahan. Membayangkan wajah-wajah penuh harap dari rakyat yang telah rela (atau mau tidak mau harus rela) uangnya dipakai untuk membiayai kuliah yang aku jalani. Kuliah yang katanya untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan. Berat rasanya jika harus bermalas-malasan menjalani kuliah ini. Walau letih menjalani kuliah sepulang kerja di Depok, rasanya tak sebanding dengan penderitaan mereka yang telah kupakai uangnya yang menghabiskan hampir Rp 60 juta selama 2 tahun masa kuliah per orangnya. Jika dikalikan 30 orang (jumlah satu angkatan) maka anggaran rakyat yang terpakai sebesar sekitar Rp 1,8 M untuk mencetak pemimpin masa depan. Subhanallah! !! Masya Allah!!! Mungkin dibandingkan dengan anggaran proyek-proyek pembangunan fisik di Indonesia sangat jauh sekali marginnya. Tetapi jika uang itu dipakai untuk kesejahteraan rakyat, juga bukan angka yang kecil.



Selain itu kesibukan yang ku jalani pun tidak seberapa dibandingkan pengorbanan teman-teman kuliahku yang harus menyatroni jarak yang tidak dekat, kesibukan yang tidak sedikit, serta penghasilan yang tidak melimpah untuk membiayai kebutuhan pendukung kuliah.



Memikirkan hal tersebut. Membuat aku semakin BERSEMANGAT menjalaninya. Membuat aku tidak ingin menyia-nyiakan harapan rakyat Indonesia .



We are Indonesia Future Leaders!!! Yes we are!!! Indonesia tunggulah saatnya. Gebarakan perubahan akan kami hadirkan. Kamilah wajah-wajah pemuda Indonesia yang akan memimpin negeri ini ke arah kebaikan, para mahasiswa Pascasarjana UI Kajian Pengembangan Kepemimpinan Nasional.



“Rabbana laa tuziq quluubana ba’da idz hadaitana wa hablana min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab…”



Ya Allah tetapkanlah semangat ini terus membara dalam diri kami. Jadikanlah kami generasi yang akan membawa negeri ini ke arah perubahan. Perubahan yang akan mengembalikan kemuliaan dan harga diri bangsa Indonesia. Semoga kami bisa saling menguatkan satu sama lain Semoga….Semoga… .dan Semoga…..



So….let’s do it GENK …..!!!! n_n

Think Globally, Act Locally



Mulai dari yang kecil

Mulai dari kita

Mulai dari sekarang


Best regards,
Rosmalita

No comments: